HARGA SMS MASKING

Layanan SMS dengan pengirim (sender) berupa huruf yang dapat di customize menggunakan nama perusahaan.

JALUR REGULER/NON OTP

  • Harga berdasarkan jumlah Deposit (Rp)

  • Harga 1
  • Harga 2
  • Harga 3
  • Harga 4
  • Harga 5
  • Harga 6
  • Jumlah Deposit (Rp)

  • 500.000 s/d 1.999.999
  • 2.000.000 s/d 7.999.999
  • 8.000.000 s/d 29.999.999
  • 30.000.000 s/d 99.999.999
  • >= 100.000.000
  • Telkomsel

  • 650
  • 630
  • 610
  • 600
  • 590
  • 580
  • XL

  • 690
  • 670
  • 650
  • 640
  • 630
  • 620
  • Indosat

  • 690
  • 670
  • 650
  • 640
  • 630
  • 620
  • Three

  • 690
  • 670
  • 650
  • 640
  • 630
  • 620
  • Smartfren

  • 770
  • 750
  • 730
  • 720
  • 710
  • 700

 

JALUR PREMIUM/OTP

  • Harga berdasarkan jumlah Deposit (Rp)

  • Harga 1
  • Harga 2
  • Harga 3
  • Harga 4
  • Harga 5
  • Harga 6
  • Jumlah Deposit (Rp)

  • 500.000 s/d 1.999.999
  • 2.000.000 s/d 7.999.999
  • 8.000.000 s/d 29.999.999
  • 30.000.000 s/d 99.999.999
  • >= 100.000.000
  • Telkomsel

  • 650
  • 630
  • 610
  • 600
  • 590
  • 580
  • XL

  • 690
  • 670
  • 650
  • 640
  • 630
  • 620
  • Indosat

  • 690
  • 670
  • 650
  • 640
  • 630
  • 620
  • Three

  • 690
  • 670
  • 650
  • 640
  • 630
  • 620
  • Smartfren

  • 770
  • 750
  • 730
  • 720
  • 710
  • 700
  • Harga per tanggal 1 November 2023 menyesuaikan dengan tarif baru provider.
  • Harga belum termasuk PPN.
  • Telkomsel menjadi 1 jalur seperti Three dan Smartfren. Premium dan Reguler harga sama.
  • SMS Masking Bersifat One Way (Satu Arah) SMS tidak bisa dibalas.
  • Jika dalam waktu maksimal 6 bulan akun anda tidak ada aktifitas pengiriman (nonaktif), maka balance akan hangus.
  • Nomor pengirim (Sender ID) berupa angka atau huruf, maksimal 11 digit.
  • Nomor pengirim (Sender ID) bisa berupa nama perusahaan, merk atau produk anda.
  • Pengiriman SMS OTP wajib menggunakan jalur OTP/Premium
  • Konten SMS yang mengandung kode/token/numeric/password akan dianggap sebagai SMS OTP
  • Jika pengiriman OTP dilakukan menggunakan jalur non OTP maka akan dikenakan penalty 200% dari harga SMS, lalu jika tetap menggunakan jalur non OTP maka operator akan memberikan sanksi penutupan Sender ID
  • Penggunaan Sender ID harus melalui proses perizinan terlebih dahulu, silahkan klik tab SYARAT DAN KETENTUAN
  • Harga SMS sewaktu waktu dapat berubah, menyesuaikan dengan kebijakan operator selular.
  1. Proses perizinan masking yaitu 14 s/d 30 hari kerja. Syarat minimal deposit Rp2.000.000
  2. Sender ID yang didaftarkan harus sesuai dengan nama (merk / usaha / bisnis / produk) dari client.
  3. Sebelum dapat menggunakan Sender ID yang diinginkan, client harus menyiapkan dokumen surat penunjukan diatas kop surat & stempel perusahaan dan ditandatangani diatas materai. (file contoh syarat bisa didownload dihalaman layanan SMS Masking).
  4. Apabila Trafik pengiriman kurang dari 100 SMS/Kuartal (3 bulan) pada masing-masing operator maka Sender ID akan terkena suspend, untuk mengaktifkan kembali harus melakukan registrasi ulang Sender ID.
  5. Khusus untuk operator Tri mengaktifkan kembali Sender ID dikenakan biaya registrasi ulang Sender ID sebesar Rp. 300.000
  6. Khusus untuk operator Telkomsel trafik dihitung masing-masing jalur, yaitu pada jalur Premium ( OTP/Verifikasi ) dan Reguler ( Notifikasi/Broadcast )
  7. Untuk mengirimkan SMS OTP melalui API, client wajib menggunakan HTTP API OTP. Informasi mengenai HTTP API OTP bisa dilihat DISINI

HARGA WHATSAPP BUSINESS ACCOUNT

Layanan pengiriman WhatsApp Official centang hijau untuk Notifikasi, OTP, transaksi, Promo, dan berbagai pesan lainnya.

Penetapan Harga Berdasarkan Jenis Percakapan

Biaya pesan bergantung pada jenis percakapan dan siapa yang memulainya, apakah oleh bisnis atau pelanggan

Utility

Notifikasi transaksi dan memberi pembaruan kepada pelanggan tentang status pembelian, termasuk pemberitahuan pasca-pembelian dan tagihan berkala.

Rp 400,- / Pesan

Authentication

Mengautentikasi pengguna dengan kode sandi sekali pakai (OTP), pada beberapa langkah dalam proses login (misalnya, verifikasi akun, dan pemulihan akun).

Rp 400,- / Pesan

Marketing

Promosi atau penawaran, pembaruan informasi, atau undangan kepada pelanggan untuk merespons/mengambil tindakan.

Rp 610,- / Pesan

Service

Percakapan yang diinisiasi oleh pengguna akan dikategorikan sebagai percakapan layanan, yang membantu pelanggan menyelesaikan pertanyaan mereka.

Rp 290,- / Sesi

  • Harga per tanggal 1 Juli 2025.
  • Setiap percakapan yang tidak memenuhi syarat sebagai percakapan Utility atau Authentication akan dianggap sebagai percakapan Marketing.
  • Sesi adalah interaksi lewat percakapan minimal sekali dalam satu bulan kalender (misalnya Januari, Februari).
    Walau pesan dikirim berkali-kali di bulan yang sama, tetap dihitung satu sesi.
  • Biaya percakapan akan dipotong dari deposit.
  • Deposit minimum: Rp 500.000.
  • Biaya layanan bulanan: Rp 500.000.
  • Biaya bulanan tidak termasuk dalam deposit.
  • Harga belum termasuk PPN.

Whatsapp Business Account